Kamis, 04 Desember 2014

JANGAN BIARKAN MEREKA TURUN KE JALANAN


Beberapa hari yang lalu saat mengantarkan seseorang yg spesial... (cuit-cuit) admin melihat semakin banyak anak-anak yang meminta-minta di jalanan. Sambil menggedor-gedor kaca mobil seorang anak memasang muka memelas. Sesaat admin berpikir, siapa yang tega menyuruh anak-anak ini turun ke jalan mencari makan. Apakah sekarang rasa iba sudah dijadikan barang komoditi untuk diperjualbelikan. Dengan berat hati admin tidak menghiraukan anak-anak tersebut dengan harapan meraka tidak lagi turun ke jalan karena tidak ada yang memberikan uang. Dulu saat pulang malam admin pernah melihat sebuah pickup menjemput meraka, saat itu admin menyadari kalo sudah ada yang mengkoordinir anak-anak ini untuk turun kejalan.


Lalu bagaimana cara admin menyikapi fenomena yang semakin sering kita jumpai di simpang jalan ini?? Terkadang banyak orang yang berfikir rasa iba harus di tunjukan dengan rasa memberi, hal ini tidaklah salah. Namun apakah semua orang yang kita kasihani memerlukan pemberian kita? Beberapa orang mungkin akan merasa sungkan untuk menerima pemberian kita, karena merasa lebih baik tidak makan daripada meminta minta. Beberapa orang mungkin malah akan mengedor gedor pintu mobil anda untuk meminta sedekah padahal kita merasa ragu, apakah mereka benar-benar tidak punya ataukah hanya memanfaatkan rasa iba kita.

Dalam situasi yang serba salah ini admin lebih memilih memberikan DOA pada mereka agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dan satu hal lagi dengan keberadaan mereka admin jadi ingat untuk lebih banyak bersyukur atas apa yang sudah admin miliki. jadi apakah kita tidak perlu lagi memberikan sedekah? tentu tidak, memberikan sedekah sangat penting untuk membuka pintu rejeki kita, tapi salurkan kepada orang-orang yang benar-benar memerlukan. Caranya bisa melalui panti asuhan, panti jompo, sanggar anak-anak jalanan, lembaga zakat, atau paling gampang tinggal transfer ke dompet duafa :)

Jadi lain kali jika anda ragu apakah harus memberi atau tidak, berikanlah DOA untuk mereka, biarkan Tuhan yang menunjukan jalan yang lebih baik, dan jangan lupa bersyukur atas karunia yang diberikan kepada kita. Sekian dulu uneg-uneg admin, semoga bisa bermanfaat 


1 komentar :

  1. postingan yang sangat bagus, sangat bermanfaat tentunya, ditunggu postingan berikutnya
    salam kenal dari Jual Benih Sayuran

    BalasHapus

Text Widget

Copyright © S.O.B | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com