Rabu, 07 Januari 2015

TIPS PINTAR MENYURUH ORANG MEMATIKAN HANPHONENYA DIPESAWAT

Beberapa hari yang lalu dapet broadcast seperti ini...
Rakyat High-Class, Tapi .... beberapa bulan yang lalu saat terbang ke Batam dengan menggunakan pesawat Garuda.Di dalam pesawat duduk disamping saya seorang warga Jerman.Pada saat itu dia merasa sangat gusar dan terlihat marah, karena tiba-tiba mendengar suara handphone tanda sms masuk dari salah satu penumpang,dimana pada saat itu pesawat dalam posisi mau mendarat. Orang ini terlihat ingin menegur tetapi tidak berdaya karena bukan merupakan tugasnya. Langsung saya tanya kenapa tiba-tiba dia bersikap seperti itu, kemudian dia bercerita bahwa dia adalah manager salah satu perusahaan industri,dimana dia adalah supervisor khusus mesin turbin.Saat dia melaksanakan tugasnya tiba-tiba mesin turbin mati, setelah diselidiki ternyata ada salah satu petugas sedang menggunaka HP didalam ruangan mesin turbin. Orang Jerman ini menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi ini akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut,lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati. Rakyat kita ini memang High class. Handphonenya Mahal, Transportasi pake pesawat. Tapi bodohnya ngga ketulungan. Tidakkah kita malu dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan keselamatan orang lain, melanggar hukum, dan sekaligus tidak tahu tata krama?? Sekiranya bila kita naik pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Tetapi, demi keselamatan sesama, dan demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang... Semoga suatu hari rakyat kita bisa sedikit lebih pintar... Direktorat Pesisir dan Lautan, Ditjen KP3K. Departemen Kelautan dan Perikanan... Bantu share ya biar lebih waspada ! 

Cerita ini mengingatkan admin akan cerita pasangan admin yang bekerja di salah satu aestethic clinic di Kuta. Ada seorang warga negara Jerman yang mengantarkan istrinya perawatan. Ketika menonton kecelakaan pesawat Air Asia di televisi dia langsung marah-marah. Dia merasa kalau orang Indonesia itu sok sibuk, sok penting. Bahkan di Pesawat saja menghidupkan handphone, padahal tidak ada yang menelpon. 

Tahukah anda bahwa bahkan mode airplane di handpone saja bisa mengganggu sinyal pesawat. Menurut Federal Communications Commission (FCC) dan Federal Aviation Administration (FAA) di Amerika Serikat, frekuensi radio pada ponsel dan perangkat elektronik lainnya dapat mengganggu sistem peralatan pesawat terbang, termasuk jaringan navigasi dan komunikasi. Bukti anekdot dari para pilot juga menunjukkan bahwa gelombang radio yang dipancarkan dari elektronik nirkabel dapat mengganggu sistem pencegah tabrakan pesawat dan sistem deteksi kebakaran.


Jadi saran admin jika anda menggunakan pesawat terbang lebih baik matikan saja handphone anda. Jika ada orang lain yang masih menghidupkan handphone, lapor saja ke cabin crew untuk ditindak. Ada UU penerbangan No 1/2009 tentang penerbangan yang bisa menyebabkan pelakunya dikenakan sanksi pidana dan denda, Dalam salah satu pasal disebut, 
penumpang pesawat terbang yang mengoperasikan peralatan elektronik selama dalam penerbangan sehingga mengganggu peralatan navigasi pesawat akan dikenakan sanksi pidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp200 juta.
Jika dia ngotot bahwa menggunakan airplane mode, pinjam handphonenya untuk di tes. LEMPAR HP NYA, KALO TIDAK BISA TERBANG BERARTI DIA BOHONG... wkekekkek

1 komentar :

  1. postingan yang sangat bagus, sangat bermanfaat tentunya, ditunggu postingan berikutnya
    salam kenal dari Jual Benih Sayuran

    BalasHapus

Text Widget

Copyright © S.O.B | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com